Organisasi Kemahasiswaan
Fakultas Peternakan

1. Himaprotek UH (Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak Unhas)

2. Humanika UH (Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak Unhas)

3. Himsena UH (Himpunan Mahasiswa Sosial ekonomi Peternakan Unhas)

HIMSENA-UH merupakan sebuah organisasi intra kampus sebagai lembaga nonstruktural dari Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Universitas Hasanuddin. HIMSENA-UH berdiri pada tanggal 28 November 1986.

Tujuan
HIMSENA-UH bertujuan untuk Mewujudkan Tujuan dari Pendidikan Nasional dan Tridarma Perguruan Tinggi

Visi:

Optimalisasi Peran HIMSENA-UH sebagai Lembaga dalam Pengembangan Kader yang Lebih Progresif, Solutif dan Inovatif guna Mewujudkan Sinergitas Tujuan Pendidikan Nasional dan Tridharma Perguruan Tinggi.

Misi:

  • Mewujudkan Kepengurusan HIMSENA-UH yang Lebih Aktif, Inspiratif, dan Bertanggung Jawab dalam Menjalankan Roda Organisasi.
  • Menjadikan HIMSENA-UH sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kualitas Kader yang Sadar akan Berlembaga
  • Membangun Koordinasi yang Aktif dan Berkesinambungan Bersama dengan Seluruh Elemen yang Meliputi Internal maupun Eksternal HIMSENA-UH.

4. Himatehate UH (Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Ternak Unhas)

HIMATEHATE_UH adalah Organisasi yang berstatus integral dengan Organisasi kemahasiswaan tingkat Fakultas yang berkedudukan di Departemen Produksi Ternak pada Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin.

Tujuan
HIMATEHATE_UH bertujuan untuk mewadahi aspirasi anggota Himpunan
Mahasiswa Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dalam rangka peningkatan profesionalisme dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam mencapai tujuan Pendidikan Tinggi.

Visi:

Membangun individu yang berakhlak, profesional, berpengetahuan luas dan sadar akan tanggungjawab serta berani mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam meningkatkan kualitas HIMATEHATE_UH.

Misi:

  • Mengoptimalkan HIMATEHATE_UH sebagai wadah menampung aspirasi anggota dalam
    meningkatkan kinerja.Membantu dan mendorong individu mengembangkan potensi diri dengan optimal
  • Membentuk individu yang berkarakter, berpengetahuan dan profesional serta membangun kesadaran mengenai problematika disekitar.
  • Membangun relasi yang baik tanpa batasan guna mendapatkan informasi, inovasi, dan solusi yang akan meningkatkan HIMATEHATE_UH.

5. Kompas UH (Komunitas Olahraga Mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas)

6. Materpala UH (Mahasiswa Peternakan Pencinta Alam Unhas)

Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Olahraga Mahasiswa Peternakan (UKM KOMPAS-UH) merupakan wadah penyaluran minat dan bakat dalam bidang olahraga di Fakultas Peternakan. UKM KOMPAS-UH berbentuk sebuah organisasi tingkat Fakultas yang dinaungi atau dibawahi lansung oleh SEMA KEMA FAPET-UH Universitas Hasanuddin.

Tujuan
UKM KOMPAS-UH bertujuaan untuk mengembangkan minat dan bakat dibidang keolahragaan serta meningkatkan kualitas kader yang berperan aktif untuk memberi sumbangsi positif terhadap bangsa dan Negara melalui kegiatan kemahasiswaan.

Visi:

Mewujudkan UKM KOMPAS-UH yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas menuju UKM KOMPAS-UH yang aktif dan produktif sehingga membentuk pribadi yang atletik dan mencerminkan kerjasama dalam organisasi.

Misi:

Menyalurkan aspirasi dan bakat maupun minat anggota untuk mengembangkan UKM KOMPAS-UH didalam civitas kampus maupun luar kampus.

7. LD An Nahl Fapet Unhas

LD An Nahl Fapet UH adalah organisasi kemahasiswaaan yang bersifat keislaman, bercirikan keimanan dan keilmuan, bercorak kemandirian, kekeluargaan, tarbiah, dan dakwah. LD An Nahl Fapet UH didirikan pada tanggal 17 Oktober 1997 di Ujung Pandang, mengalami perubahan nama dari Mushalla An Nahl SEMA FAPET UH menjadi LD Mushalla An Nahl SEMA FAPET UH pada tanggal 10 Juni 2013 dan kembali mengalami perubahan nama menjadi LD An Nahl Fapet UH pada tanggal 26 Februari 2021.

Tujuan
LD An Nahl Fapet UH bertujuan untuk membina dan menegakkan akidah yang sahih berdasarkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah, mempererat ukhuwah, dan menghidupkan syiar Islam serta mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilandasi keimanan dan ketakwaan demi merealisasikan tata kehidupan Civitas Akademik Fakultas Peternakan yang diridai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

VISI

Menjadi Lembaga Dakwah Islam dalam pembinaan akidah, ibadah dan akhlak serta menggali, menghimpun, mengembangkan, dan mengerahkan potensi mahasiswa Islam Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.

MISI

  • Membina dan menegakkan akidah yang sahih berdasarkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah
  • Mempererat Ukhuwah dan menghidupkan Syiar Islam
  • Mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilandasi keimanan dan ketakwaan demi merealisasikan tata kehidupan Civitas Akademik Fakultas Peternakan yang diridai Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

8. UKM Fosil UH (Forum Studi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas)

9. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MAPERWA)

10. Senat Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (SEMA KEMA)