Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak

Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu yang berkaitan dengan peternakan, khususnya nutrisi dan makanan ternak. Tugas pokok Departemen ini adalah mengembangkan keilmuan nutrisi dan makanan ternak yang meliputi ilmu biokimia, nutrisi ternak, komposisi pakan dan persyaratan nutrisi untuk ternak, pengadaan, kegunaan, pengawetan dan teknik pemberian pakan ternak, serta cara penyusunan ransum.

Ketua Departemen ini adalah Dr. RInduwati, S.Pt., M.P., dan sekretaris Dr. Marhamah Nadir, SP., M.Si.

Berikut ini adalah laboratorium dan personalia dosen pada masing-masing laboratorium di Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak.

1. Laboratorium Kimia Pakan

Laboratorium Kimia Pakan (sebelumnya bernama Lab Kimia Makanan Ternak) berperan penting pada proses untuk menghasilkan alumni yang berkualitas. Di Laboratorium Kimia Pakan dilakukan praktikum pengujian teori dasar Biokimia dan ilmu nutrisi ternak, seperti pengujian aktivitas enzim, pengujian karbohidrat, protein dan lemak bahan pakan, yang penting untuk menanamkan dasar ilmu pakan bagi mahasiswa.   Laboratorium ini juga dapat digunakan untuk kegiatan analisis sampel bahan pakan, baik untuk kebutuhan praktikum maupun penelitian mahasiswa dan dosen. Dengan ditopang oleh alat yang memadai serta laboran yang professional, Lab. Kimia Pakan juga menerima sampel dari mitra/peternak sebagai wujud pelaksanaan pengabdian masyarakat lewat pemberdayaan lab secara optimal.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Dr. Ir. Syahriani Syahrir, M.Si.

Anggota : 

1. Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc

2. Marhamah Nadir, SP., MSi., PhD

2. Laboratorium Tanaman Pakan dan Pastura

Laboratorium ini sebelumnya terpisah dengan Laboratorium Pasture dan Range. Pada tahun 2014 digabung menjadi Laboratorium Tanaman Pakan dan Pastura. Laboratorium ini terbentuk untuk menunjang kegiatan akademik mahasiswa dan dosen. Laboratorium ini memiliki kebun koleksi Rumput dan Legum dengan jumlah spesies tanaman senantiasa bertambah terus seiring/ bertukar informasi dengan koleksi dengan lembaga lain. Laboratorium Tanaman Pakan dan Pastura merupakan laboratorium yang mendukung pelaksanaan kegiatan praktkum mahasiswa dalam mata kuliah Ilmu Tanaman Pakan dan Mata Kuliah Tatalaksana Padang Penggembalaan serta dimanfaatkan oleh Dosen dan Mahasiswa S1, S2, dan S3 untuk kegiatan penelitian. Laboratorium ini juga digunakan dalam penelitian kerjasama lintas internal dan Eksternal UNHAS.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Prof. Dr. Ir. Budiman, MP.

Anggota : 

  1. Dr. Rinduwati, S.Pt., MP
  2. Marhamah Nadir, SP., M.Si., Ph.D.

3. Laboratorium Nutrisi Ruminansia

Laboratorium Nutrisi Ruminansia Fakultas Peternakan Unhas adalah laboratorium yang dapat melayani berbagai analisis dan uji nilai nutrisi bahan pakan maupun ransum baik analisis secara in vitro, in sacco, maupun in vivo. Sejalan dengan peran ternak ruminansia yang semakin strategis kedepan dalam menyediakan produksi baik daging dan air susu, maka dalam upaya peningkatan kualitas produksi ternak ruminansia perlu ditunjang dengan pemberian kualitas pakan yang baik. Untuk itu mutlak diperlukan adanya laboratorium nutrisi ruminansia yang mampu menganalisis baik potensi, kualitas, dan nilai nutrisi bahan pakan maupun ransum ruminansia. Laboratorium nutrisi ruminansia melayani praktikum mahasiswa S1 dan juga penelitian mahasiswa S2 dan S3. Laboratorium Nutrisi Ruminansia juga merupakan tempat bagi dosen untuk melaksanakan penelitian BOPTN yang membutuhkan model kandang tertentu antara lain kandang metabolisme, kandang individu, maupun kandang grup. Laboratorium Nutrisi Ruminansia juga telah menghasilkan beberapa paket teknologi pakan jadi berupa wafer jerami dan urea molasses blok yang telah digunakan sebagai paket pengabdian kepada masyarakat petani-peternak di Sulawesi Selatan.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Prof. Dr. Ir. Ismartoyo, M.Agr.S.

Anggota : 

  1. Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc.
  2. Dr. Ir. Syahriani Syahrir, M.Si.
  3. Dr. Ir. Rohmiyatul Islamiyati, M.P.
  4. Indrawirawan, S.Pt., M.Sc.

4. Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia

Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia merupakan laboratorium yang bertanggung jawab dalam disiplin ilmu nutrisi mengenai ternak non ruminansia (unggas, kuda, babi dan kelinci). Kegiatan utama memberi ilmu dan keterampilan mengenai nutrisi ternak non ruminansia berupa kegiatan praktikum, penelitian untuk tugas akhir dan magang. Bagi dosen merupakan wadah untuk melaksanakan penelitian mandiri maupun penelitian yang didanai oleh berbagai pihak dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, selain itu bagi masyarakat dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dibidang nutrisi unggas/non ruminansia.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Dr. A. Mujnisa, S.Pt., MP

Anggota : 

  1. Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si, IPM, ASEAN Eng.
  2. Jamilah, S.Pt., M.Si.

Visi Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan adalah menjadi laboratorium terkemuka dan professional bidang teknologi dan industri pakan untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan peternakan rakyat. Misi Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan adalah a). Menjadi laboratorium yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik (mahasiswa) untuk menjadi manusia berkemampuan akademik dan profesional dalam bidang ilmu dan teknologi industri pakan, b). Menjadi laboratorium yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi industri pakan melalui inovasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kemitraan dengan peternak dan industri peternakan. Tujuan Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan adalah a). Menyelenggarakan proses pendidikan dengan lulusan yang menguasai bidang ilmu dan teknologi industri pakan, b). Menyelenggarakan kegiatan penelitian teknologi industri pakan berbasis sumberdaya pakan lokal, c). Menyelenggarakan diseminasi inovasi teknologi industri pakan bagi peternakan rakyat dan industri peternakan, serta d). Menjalin kemitraan melalui layanan laboratorium bagi masyarakat.

Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan memiliki peran strategis  dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang teknologi dan industri pakan, dan mendukung terselenggaranya proses pembelajaran dalam matakuliah Ilmu Bahan Pakan (S1), Teknologi Pengolahan Pakan (S1), Industri Pakan (S1), Ilmu dan Teknologi Nutrisi dan Pakan (S2), Teknologi Industri Pakan (S2), Analisis Sumberdaya Pakan dan Wilayah (S2), Teknologi Pengolahan Pakan Lanjut (S3), Pengelolaan Sumberdaya Pakan dan Wilayah (S3), serta  mengembangkan teknologi pakan konsentrat, pakan lengkap, teknologi pengolahan limbah pertanian sebagai pakan.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si., IPU, ASEAN Eng.

Anggota : 

  1. M. Fadhlirrahman Latief, S.Pt., M.Si.
  2. Abdul Alim Yamin, S.Pt., M.Si.

6. Laboratorium Valorisasi Pakan dan Limbah

Laboratorium ini bertanggung jawab dalam disiplin ilmu dan teknologi yang mampu memberikan nilai tambah pada pakan dan limbah ternak, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan pengolahan yang mampu meningkatkan kualitas bahan pakan asal limbah beserta hal-hal yang ada hubungannya dengan pengolahan limbah feses menjadi biogas, pakan dan pupuk.

Personalia:

Kepala Laboratorium : Dr. Ir. Nancy Lahay, M.P.

Anggota : 

  1. Dr. Ir. Jamlia Mustabi, S.Pt., M.Si., IPM
  2. Dr. Ir. Anie Asriani, M.Si.